ganti kampas rem depan Jupiter MX sendiri

Iseng-iseng lagi gak ada gawean (sebenere akeh tapi males :mrgreen: ) kemarin bongkar rem depan si MX. Niat awal Cuma bersih-bersih eh ternyata kampas rem udah tipis, padahal orang-orang sering bilang kampas rem cakram itu awet ganti tiap 5 tahun L. Nah dari pada dibiarkan dengan resiko piringan cakram rusak karena bergesekan dengan dudukan kampas mending langsung ganti aja.

meluncur ke bengkel langganan di PurWokerTo, kondang motor. Nanya harga, ternyata 1 set kampas rem depan Jupiter MX ori harganya Rp. 66.000,00 (sebelumnya di dealer katanya Rp. 70.000,00 L ). Langsung bayar dan pulang, nah ini saya share cara gampang ganti kampas rem depan Jupiter MX versi saya.

Kampas rem depan jupiter MX

  1. Siapkan toolkit: kunci sok dan pass ukuran 14, tang, obeng dan kursi kecil.
  2. Bongkar roda depan dengan kunci sok
  3. Nah kalo sudah lepas kampa rem lama, caranya lepas pin pengunci pegangan bawah dan pegangan bawah kampas

    lepas pegangan bawah kampas

  4. Setelah pegangan bawah lepas, copot kampas
  5. Pasang kampas baru dan jangan lupa pasang lagi pegangan dan pin-nya.

    pasang kampas rem baru

    pasang lagi pegangan bawah kampasnya

    jangan lupa pasang pinnya lagi

  6. Beres tinggal pasang lagi roda depan dan penggantian selesai. Jangan lupa cek fungsi pengereman dan speedometer.

    pasang lagi roda depan

Nah itu cara saya ganti kampas, kalo ada cara yang lebih praktis, efisien dan ekonomis monggoh si share, suwun J

About these ads

16 Komentar

  1. ga usah copot roda kan bisa? :twisted:

    • itu karena gak punya kunci L bintang, jadi ya lepas roda. malah bagus karena ada alternatif bagi yg gapunya kunci L bintang

  2. ngapain ban dilepas? lebay :D hahaha

  3. Gak wani lepas kaliper soale gak due pemutar baut mekanik koyo neng dealer :-D

  4. ban ngarep’e wis alus cah, ati-ati ;)

  5. ban ngarep’e wis alus cak, ati-ati ;)

  6. saya sih blom mampu xixixi

    http://extraordinaryperson.wordpress.com

  7. ada yang kurang brow, tutup minyak rem yang ada di atas jangan lupa di buka, biar piston kaliper gampang masuk kedalam. . . .
    Jadi gak mentok . . . .

  8. Itu engine diganjal bangku ya bro? :D

  9. info yg berguna kang

  10. sebenarnya untuk mengganti kampas rem, bisa dilakukan dengan hanya membuka 1 baut pengunci, tanpa meleas ban dll.

    saya sudah biasa melakukan di matik saya.
    untuk mendorong piston bisa menggunakan tools pipih yg tidak tajam atau gunakan kampasitu sendiri.

  11. Mau nanya ni mas brow? Kenapa rem cakram depan motorku kadang berfungsi kadang tidak?

  12. Wah.. Sip tapi kurang praktis mas brow.. niy lebih praktis!
    Pertama : kendorin baut pegangan kampas bawah pake kunci “L” hexsagon, cabut bautnya.
    Kedua : Lepasin baut bracket kaliper rem pake kunci sok, jadi rumah kaliper bisa diangkat semua, kampas lama langsung lepas sendiri (jatuh).
    Keuntungannya pake cara ini: rumah kaliper bisa lepas dari ban jadi bisa dibolak balik untuk membersihkan sampai bagian dalam piston remnya. :D

  13. mas bro, pengen nanya nih kali aja punya pengalaman. kampas rem cakram depan ane yang bagian luar kok suka lepas sendiri dari cantolannya (kampas yang langsung bersentuhan dengan piston) , itu memang ga ada pengait tambahan ya?

  14. Kalau cara ganti kampas rem cakram belakanh gimana caranya… Share donk ke pancassera_bogor@yahoo.co.id d tunggu y bngt nih

  15. updet kampas tromol mio.mx.jupiter
    Rp.38000/pcs min 2pcs (bengkel/pengambilan bnyak harga khusus)
    pm ajah klo anda berniat menjadi reseler kami
    ato masuk gruop kami

    https://www.facebook.com/groups/388722797943796/

    pemesanan
    pin:31c3da20
    no:085741175528


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.