Marka Jalan

Brother semua kalo lagi jalan pasti liat yang namanya marka jalan, pernah kepikir nggak apa saja marka jalan itu, apa fungsinya? Pertama kita mulai dari pengertiannya. Marka adalah tanda di atas permukaan jalan dan atau bahu jalan, terdiri dari garis memanjang dan melintang, termasuk simbol, huruf, angka, atau tanda lain, kecuali rambu dan isyarat.
Berfungsi untuk mengatur, mengarahkan, dan menyalurkan lalu lintas atau untuk memperingatkan dan menuntun pemakai jalan.

Bisa digunakan secara sendiri atau bersama dengan rambu / isyarat lain, untuk menjelaskan arti rambu / isyarat lain tersebut.


Bentuk marka itu bisa marka memanjang, terdiri dari garis memanjang ke arah gerak lalu lintas, berupa garis penuh atau garis putus-putus. Untuk garis penuh : kendaraan dilarang melintasi garis tersebut, kalau garis putus-putus : untuk membatasi jalur kendaraan. Selain memanjang marka juga ada yang melintang bisa berbentuk garis penuh ( contoh garis stop di lampu merah) bisa garis putus-putus atau yang berbentuk sejajar kayak zebra cross.

Selain dua bentuk tadi masih ada juga bentuk lain, contohnya:

  • Panah garis sejajar, garis serong atau tulisan
  • Jika ada simbol panah pada jalan jalur lalu lintas, pengemudi harus menempatkan kendaraan pada jalur yang dipilih
  • Garis-garis serong sejajar berupa garis utuh, kendaraan tidak boleh memasuki daerah tersebut
  • Garis zig-zag pada pinggir jalan, dilarang parkir pada daerah tersebut

Warna marka jalan itu beragam sesuai fungsi masing-masing. Contoh untuk marka memanjang, Garis penuh yang menggunakan warna kuning : pengemudi dilarang menjalankan kendaraannya melewati garis kuning tersebut dalam keadaan bagaimanapun. Garis penuh dengan warna putih : melarang, akan tetapi dalam keadaan luar biasa atau terpaksa pengemudi diizinkan untuk melewati garis putih tersebut.
Sebagai tambahan pengetahuan, ukuran,penempatan dan pemasangan marka itu nggak sembarangan, ada beberapa ketentuan, antara lain:
a. Marka Memanjang

  • Garis utuh atau garis putus-putus :
  • lebar min. 10 cm
  • jarak garis yang berdampingan 0,1m – 0,15 m
  • Garis putus-putus :
  • garis-garis sama panjang
  • dipisahkan oleh celah-celah yang seragam
  • panjang garis putus-putus 2 m – 10 m
  • perbandingan panjang garis dan celah 3 : 5

b. Marka Melintang

  • Harus lebih besar dari marka memanjang
  • Pada garis berhenti (garis penuh), lebar 0,2 – 0,6 m,
  • yang dianjurkan 0,3 m
  • Pada garis putus-putus, lebar 0,2 – 0,6 m
  • Pada marka penyeberangan
  • celah antara min. sama dengan lebar garis, tidak
  • lebih dari 2x lebar garis
  • lebar minimal : 2,5 m utk kec 60 km/jam4,0 m utk kec > 60 km/jam

PENEMPATAN & PEMASANGAN

  • Tidak licin dan tidak boleh menonjol lebih dari 6 mm di atas permukaan jalan
  • Bila menggunakan paku atau yang serupa tidak boleh menonjol lebih dari 1,5 cm (atau lebih dari 2,5 cm bila paku tergabung dalam alat pemantul cahaya / reflektor)
  • Pada jalan 2 jalur 2 arah
  • Garis tengah jalan harus dinyatakan dengan garis putus-putus
  • Garis utuh hanya digunakan dalam keadaan khusus pada tempat-tempat yang dianggap perlu
  • Pada jalan 3 jalur
  • Dalam keadaan normal, jalur dinyatakan dengan garis putus-putus
  • Dalam keadaan khusus / untuk menjamin keamanan lalu lintas, digunakan garis utuh atau garis putus-putus berdampingan dengan garis utuh
  • Pada jalan lebih dari 3 jalur
  • Kedua jurusan dipisah oleh 1 atau 2 garis utuh
  • Apabila arah lalu lintas di jalur tengah dapat berbalik, harus ditandai dengan garis putus-putus
  • Jalu-jalur lalu lintas harus ditandai dengan garis putus-putus
  • Demikian sedikit ilmu dari saya, semoga bermanfaat untuk pengetahuan kita.

10 thoughts on “Marka Jalan

    1. masih lah, kgkg inget apa pas ak bikin artikel debat SMA
      Super KIPS d kawak ninja, pada bingung kabeh sing melu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s