Komparasi Helm Full Face dan Half Face

Laju pertumbuhan motor diikuti oleh peranti pendukungnya juga. Misal, helm alias pelindung kepala. Melihat kondisi lalulintas sekarang pengendara di sodori dua pilihan. Pake model Half face atau Full Face.

Terlihat jelas dengan ragam helm yang dipakai pengendara di jalan. Namun begitu keduanya bisa sama penting kala dipakai berkendara. Yaitu, melindungi kapala ketika terjadi kecelakaan. Tapi, tentu ada nilai plus dan minus dari masing-masing tipe dan setidaknya dengan mengamati kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe biker bisa menetukan pilihan mau yang Half atau Full face.

Perbandingan, dilihat dari aspek yang diperlukan. Contoh, keselamatan. Tapi pada akhirnya, itu semua balik lagi ke diri sendiri artinya anda yang lebih berhak menentukan.

SAFETY FIRST
Peran helm dalam aspek safety dianggap paling penting. Sudah pasti model Full Face memberi perlindungan yang lebih maksimal.

Jika terjadi kecelakaan setidaknya bagian wajah termasuk dagu lebih terlindungi ketika menggunakan helm full face. Namun bukannya half face tidak melindungi, hanya saja perlindungannya tidak maksimal. Half face bisa memberi perlindungan terhadap wajah tergantung dari bahan kaca yang dipakai.

Nama kaca helm ini sering disebut polly carbonet, bahan ini lebih tahan benturan dari pada bahan kaca helm yang biasa.

UTILITAS JARAK PENDEK

Selama ini banyak yang salah kaprah! Maksudnya, helm jenis half face dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Kejadian ini kerap ditemuai saat ada rombongan turing melintas. Padahal helm tipe ini lebih di tunjukkan untuk skuter (kecepatan yang ditempuh rata-rata 40-60 km/jam) dan untuk perjalanan jarak pendek. Tapi bagi yang menginginkan perlindungan lebih, jarak pendekpun boleh pakai tipe full face.
SUDUT PANDANG
Sudut pandang disini merupakan luas pengelihatan. Memang dengan helm full face sudut pandang agak sedikit terbatas. Terutama pada bagian bawah hidung ke mulut. Half face member sudut pandang yang lebih leluasa.
Sumber: Motor Plus edisi 387/VII. 29 Juli 2006

7 thoughts on “Komparasi Helm Full Face dan Half Face

  1. Kalau untuk perjalanan jauh (seperti mudik) aku lebih memlilih full face karena safety dan bisa meutupi wajah kita. Tapi kalau untuk jarak pendek (kota-kota) aku pilih half face aja😆
    Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

  2. hmmmmm….q pernah kcelakaan pke full face…..pdhal kcepatan 80 km/h tuh…..ya lgsg deh full facenya udah gak berbentuk lagi…….eeehhh tmenku cewe,pke half face kcelakaan kcepatan 40 km/h,wajahnya sdikit luka….pdhal half face INK tuh

    jd kesimpulannya (mnrtku) mending fullface dr pd half face…..perlindungan maksimum…..kalo kaki sih gpp lecet2….tp kalo muka udah lecet2….jd gmana gtu

  3. Mau pakai yang mana aja yang penting memenuhi syarat dan peraturan pemerintah. tul.. ga mas..? Namun Perlu diingat dan kita sadari, peraturan bukan sekedar peraturan, pakai helm bukan karena takut sama polisi berdiri dan berjaga di depan, alias takut di tilang sama abang police..hee… Tapi kita juga perlu ingat ada police tidur…lho.. yang mengancam dan ancaman nya bukan hanya denda, tapi nyawa kita gan..
    So.. kesimpulannya, pakailah Helm demi keselamatan nyawa kita yang Atu-Atunya.
    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s