Skubek Sering Minum

Banyak orang kaget begitu beralih pakai skubek. Katanya sering mampir SPBU buat “minum”. Itu ada dua sebab. Ukuran tangki dan pemakaian BBM skubek yang memang lebih boros di banding bebek.

Coba deh dilihat isi tangki bebek. Rata-rata muat 4,5 liter. Sedangkan skubek maksimal 3,8 sampai 3,9 liter. Pantas skubek seperti Yamaha Mio,Spin 125 atau Vario jadi tampak boros.

Kan bebek lebih besar setengah liter lebih. Ini cukup jauh jika dipakai jalan. Sebagai contoh bebek rata-rata 1 liter terpakai 60 km. Berarti ada sisa 0,5 liter bisa d pakai 30 km lagi.
Ini berarti, pemakai skubek akan lebih cepat ngisi bensin. Bebek masih kuat 30 km lagi, skubek sudah masuk SPBU.
Sebab kedua karena memang boros bensin jika dibandingkan bebek. Ini lantaran skubek menganut transmisi otomatis alias CTV. Mesin harus bergasing tinggi untuk mencapai akselerasi.

Sebab di dalam CVT terjadi selip yang tinggi antara V-belt dengan puli. Perbedaan jarak tempuh per liter bensin bisa mencapai 14 km lho.

:mrgreen:

Ini posting artikel pertama saya pakai hape, dan ternyata si hape jadul (nokia 3230)

29 thoughts on “Skubek Sering Minum

    1. naaah..ini pertanyaan yg sempat terlupakan..

      dengan mesin yg sama, bgmn komparasi antara memakai ban 14 dan ban 17.. kan banyak tuh yg modip maticnya pake ring 17.. ada yg bikin artikel soal ini??? dari segi akselerasi, top speed, miliage,handling dsb gitu lah

  1. setting yang pas..dijamin konsumsi BBM irit jugak..dirumah adek ku pake mio..konsumsi BBM untuk premium Rp 10.000 adalah 7 X 6 KM PP (12 KM)….jadi tembus 1 liter 40-an KM..irit tho..tahu ndiri cewek kalo bawa mio kayak setan jalanan..kagak pake pikiran ngebutnya!!

  2. nah kalo pake busi std ..didaerah pegunungan susah di starter kalo pagi…begitu ganti busi yang ntu…jadi gampang start…aku ada testimoninya kok di FBku beberapa waktu lalu!!!

  3. tangki bebeknya H 3.7 liter semua kang, kecuali cs.one. termasuk karismaku jg 3.7liter. Skutik juga segitukan? Jadi memang skutik itu lebih boros dari bebek.

  4. betul tuh …. mio 3,5 , tapi kalau tinggal 1L udah merah yg ketunjuk klo nggak pengalaman pasti ngiranya mo habis bensin, padahal masih 1 L …. baru kalau diisin baru percaya…coz tanda merah sampai full tenk cuma 10.000 doang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s