Jangan Lawan Truk Dan Bus

Waktu lagi riding pasti sering ketemu dengan truk dan bus gede. Musim mudik kemari ada banyak kasus tabrakan bus/truk vs motor. Entah salah atau benar motor tetap tidak berdaya kalau sudah lawan mereka, kita mesti ekstra hati-hati.

Supir bus/truk gede biasanya menempuh perjalanan yang jauh pasti stamina dan kewaspadaan mereka menurun. Berikut situasi yang patut diwaspadai.

1. Tanjakan, jangan dekat ban
Tanjakan dan macet, jangan coba-coba dekat dengan truk atau bus. Profil mereka yang besar membuat sopir susah melihat motor di belakang. Saat akan maju beban berat mendorong truk mundur dahulu, jika terlalu dekat motor bisa terlindas.

2.U-Turn
waspada gerakan truk atau bus saat U-Turn. Jika mereka bermaksud belok ke kanan pasti akan mengambil ancang-ancang ke kiri dahulu, kalau ada di kiri mereka bisa dihantam kita.
Jangan berjalan berdampingan di kanan kendaraan besar karena ruang gerak kita jadi sempit.

3.Jalan jelek dan licin
dalam kondisi jalan jelek dan banyak kendaraan besar, kita harus ekstra hati-hati. Manuver cepat motor sering tidak di imbangi manuver supir. Banyak kasus rider jatuh dan terlindas truk atau bus.

4. Waspada blind spot
beberapa bus atau truk memang dilengkapi spion cembung di depan dan belakang. Posisi duduk supir yang tinggi kadang tak melihat rider di depan. Bus atau truk yang tidak di lengkapi spion cembung dijamin tidak bisa melihat motor di depan.

5.Hati-hati belok bareng
belok bareng mereka kadang mengundang bahaya, misal jika belok kanan dan memotong lalu lintas. Posisi motor d kanan truk hingga pandangan terhalang dengan lalu lintas di sebaliknya. Saat truk mulai berjalan biasanya rider gak sabar mendahului dan memotong jalan, ingat di balik truk masih ada lalu lintas bersliweran.

6. Jaga jarak di track lurus
ini berlaku saat ada di depan maupun di belakang truk. Posisi di belakang truk, jika truk di depan mengerem mendadak dan jarak kita terlalu dekat bakal susah menghindar. Kalaupun mampu masih ada bahaya dari kendaraan di belakang akibat manuver mendadak kita. Di posisi depan kalau kita mengerem mendadak pasti bakal di sruduk, bodi besar membuat jarak pengereman mereka jadi lebih panjang.

7. Kendaraan besar=angin besar
jika disalip bus/truk dengan kecepatan tinggi, waspada karena terpaan angin dari kendaraan tersebut bisa membuat motor oleng. Begitu juga jika berpapasan.

22 thoughts on “Jangan Lawan Truk Dan Bus

      1. siapa bilang motor jadi peyek kalo lawan kereta? yang ada keretanya yang ndlosorrr.. suer! kalo ga percaya coba deh tanya orang Medan ato Aceh.:mrgreen:

  1. bus sering makan jalan udah gede nggak mau ngalah, makanya sering terjadi ulah masyarakat yang bakar bus jarena sering di zalimi sama bus, pas lebaran kemarin tercatat di jatim ada 3 bus sumber bencono/kebcono ding yang di bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s