Irit atau boros?

 

Jupiter MX dikenal bebek yang lumayan doyan minum alias boros. Beberapa blog pernah mengulas ini, termasuk cara bikin irirtnya juga. Nah saya iseng-iseng ngetest si  MX. Cara pengujiannya mirip sama artikel dari blogger lain, bensin diisi full tank lalu catat kilometer di spido.

 

Tercatat 13982 km, bensin diisi pertamax edisi POM bensin (Katanya kadang di campur premium) tercatat Rp22.000,00 berarti isi tank kira-kira 22.000/6.450= 3,4 Liter. Rute pengujian Banyumas-Purbalingga di bagi 3 zona, pertama wilayah pegunungan serayu jalan naik turun nanjaknya lumayan lho..:mrgreen: , kedua kota Banyumas dan Sokaraja jalan lancar nggak ada macet kecepatan terpakai 60-80 km/jam. Masuk jalan antar kabupaten lumayan sepi bisa di pacu sampai 110 km/jam (versi speedometer) begitu terus berulang selam 3 hari pengujian.

 

Setelah kilometer sudah mencapai 14137 km,indikator bensin sudah mentok.

Jadi jarak yang ditempuh dengan 3,4 Liter BBM 13982-14137= 155 km

155 : 3,4 =45,59 km/Ltr.

Diambil faktor eror 10 % jadi  45,59- 4,559= 41km/liter. Termasuk irit atau boros ya?

Demikian:mrgreen:

 

bonus nasi rawon dari warung cak poer

nasi rawon

 

31 thoughts on “Irit atau boros?

  1. hemmm…
    Suatu saat jangan gitu bro ngujinya…
    Coba, bener² kosong tangkinya…
    Trus masing² motor yang diuji…diisi
    1 liter saja. Dijalankan sampé berapa
    kilometer. Saya kok paling seneng
    modél yang ini…

    xixixi

  2. @mario: makasih infonya
    @dani: lain kesempatan pake pengujian gitu…
    @ocho: matik pnya bapak saya jg boros. Bawa 1 minggu udah ngefek di kantong:mrgreen:
    @mas mitra: he3x… Byr rada sah jd pke faktor eror.

  3. perjalanan stop n go gak? hmm di dalam kota seperti jakarta aja aku dah coba dari bekasi ke jakarta hasilnya 1:40, itu dalam keadaan macet, dan mesin standar

    hmmm itu masih termasuk irit bro…

    coba cek lagi di blog lain, ane lupa namanya, blog yang menceritakan test bbm di supra x 125, ternyata ga jauh beda, supra x 125 maks 1:46

    1. Vega saya juga sama sekitar segituan masbro. Tapi kan vega emang diposisikan sebagai motor irit. Apalagi Vega ZR, imagenya sebagai motor nyantai. Jadi kalo segitu dapetnya ya wajar (bahkan mungkin bagi sebagian orang kurang irit). Kalo Jupiter MX ini kan beda. Walaupun sama2 bebek, tapi dia diposisikan sebagai motor kenceng. Cc nya lebih gede lagi. Dimana2 image motor kenceng itu identik dengan boros CMIIW. Jadi kalo Jupiter MX bisa dapet diatas 40kpl, itu udah termasuk irit di kelasnya CMIIW. Tadinya saya pikir Jupie MX cuma dapet di kisaran 30-an kpl (gara2 banyak yang bilang kalo ni motor boros). Tapi ga tau juga sih. Ada yang udah ngetes, CS-1 ama Satria FU dapet berapa kpl?

    2. vega ku dulu sebelum hilang dan akhirnya digantikan oleh jupiter mx, irit kok, di perkotaan dari bekasi ke jakarta bisa 1:50

  4. @all: wah saya juga nggak ngira tmbus 1:41. Itu MX taun 2010 bln 1, mesin standar, oli pke enduro 4t racing, BBM pertamax. jalan bervariasi tapi dominan lancar, nggak ada macet.
    Byr lbh akurat bsk mau coba tangki d kosongi terus d isi 1 liter doang.

    1. kok repot?

      klo gw gini caranya:

      catat kilometer waktu isi full bbm (gw pake premium), buat jalan2 deh tuh motor hingga bensin sampai mau habis, trus isi full bbm lagi, baru deh kita lihat berapa kilometer lu skrng, dan berapa bbm yg lu beli (liter, bukan rupiah), dari situ tinggal (kilometer terakhir – kilometer awal) / bbm akhir yang dibeli.

      misal awal ngisi full bbm kilometer 3000, trus waktu isi bbm lagi kilometer 3120, dan bbm yg dibeli misal 2,5 ltr, hitung (3120-3000)/2,5 = 120/2,5 = 48, jd perbandingannya 1ltr = 48 km

      gampang toh

  5. Rata2 mx keluaran akhir 2008 sampe sekarang emang segitu. Mx keluaran 2005 sampe pertengahan 2008 yg boros bos n akhirnya jadi imej boros

  6. Pake Pretamax 1:41 klo pake premium bs skitar 1:35an..
    MX Teman saya cm 1:30an pke Premium sdang ninja sya 1:25an premium jg.. Kmi be2 kerja di tmpat yg sama en tinggal ny jg sama, tiap hari jg bareng kerjanya..
    Jd kesimpulan saya en tmen saya yg punya, MX motor boros klo dibanding ninja yg 150cc 2T en larinya jg jauh pake premiun bisa 1:25an..
    Oia ke2 motor cm selisih seminggu dr deler..
    PISS..

  7. SALAM NGAPAK…ora ngira ana blog bocah Banyumasan mlebu Indomotoblog
    aq kang purbalingga meng surabaya pake King liwat jalur selatan purbalingga-gombong-kebumen-wonosari-gunungkidul-nyasar neng solo-madiun-sby(+/- 550km)bensin entong mung 80rb..posisi brangkat bensin full,oli samping sebotol…irit apa ora kang?
    nek nganggo scorpio 2 setengah tengki full…lewih boros malahan…nganggo xenia 250ewu…rosalia indah 120ewu hehehe

  8. lumayan irit tu fri.
    MX ane skitar sgituan juga, tpi pke premium. g sanggup beli pertamax. :malu
    jadi premium 2,22L(biasa ane beli 10.000 soalnya) bisa buat rumah-kampus 3x bolak2.
    jarak rumah-kampus=21km X 2= 42km
    jadi konsumsi MX ane kira2: (42 x 3)/ 2,22 = 56,75km/liter.
    *itu kecepatan ane g lebih dari 70kpj.
    kalo lebih dari itu mah lumayan borosnya😀

Tinggalkan Balasan

