Museum Bank Rakyat Indonesia

Kalau sudah “dolan” ke museum wayang sendang mas di kota lama masih ada museum lain lagi yang layak di kunjungi. Museum yang terletak di tengah jantung perekonomian kota Purwokerto ini benama Museum BRI atau lebih dikenal museum uang Banyumas. Lokasi di sebelah utara kodim, kalau dari baturaden ke arah selatan.

Museum ini awalnya dibangun untuk mengenang Raden Wiraatmaja pendiri Bank Rakyat Indonesia. Di bagian depan berdiri patung tokoh tersebut, gedung museum sendiri adalah gedung BRI pada masa awal kemerdekaan sekarang masih di gunakan sebagai kantor bank BRI kecamatan Purwokerto Barat.

 

Di dalam museum ada apa saja? Tentunya ada Uang dari masa Majapahit, Uang jaman Kumpeni (orang sini bilang benggol), dan uang dari beberapa negara asing. Isi lainnya ada diorama Pasar jaman kolonial, miniatur kantor BRI pusat, Pakaian milik Raden Wiraatmaja, dan barang-barang lain yang menunjukkan perkembangan BRI. Museum terdiri dari dua lantai, lantai dasar berisi peralatan Bank jaman dulu mulai dari mesin ketik, mesin kasir, telpon, mesin telegram, pokoknya jadul (namanya juga museum:mrgreen: ). Waktu saya berkunjung sedang diadakan renofasi jadi tiket masuknya gratis dan berasa museum pribadi.

 

 

 

babad tanah jawa

 

Lanjut jalan lagi kearah barat ke daerah karanglewas, disana berdiri monumen Jenderal Soedirman. Patung jenderal Soedirman berdiri gagah terlihat dari jalan Ajibarang-Purwokerto. Selain ada patung Jenderal Soedirman juga terdapat area bermain anak-anak lengkap dengan aneka mainan (jungka-jungkit, ayunan dll),. Di belakang monumen terdapat pertemuan sungai logawa dan sunagai mengaji (dalam cerita lutung kasarung versi Banyumas ini adalah tempat bertapa Raden Kamandaka). Sayang tempat parkir kurang memadai tidak ada yang nunggu tapi pintu masuk dan keluar memang cuma satu dan ada penjaganya jadi rada aman lah:mrgreen: kalau di museum BRI sudah stand by pak polisi dengan senjata laras panjang, aman!.

 

 

 

 

11 thoughts on “Museum Bank Rakyat Indonesia

  1. Wah aku belum pernah nengok kesana kalau ke Batu raden mah udah pernah aku…..
    Museum yang menyimpan kekayaan jaman dahulu, sungguh mantaaaaf……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s