Melihat cakram lebar dari fisika

rem cakram

Nah kebetulan kemarin Ujian akhir semester saya berjibaku dengan yang namanya Momen, Gaya dan jarak. Kalau pada struktur balok makin besar momen berarti tulangan yang diperlukan juga makin besar, gimana kalau pada cakram? Makin besar momen berarti bakal makin pakem.

Konsep momen adalah gaya dikali dengan jarak. Jika diameter cakram lebar maka momen yang dihasilkan dari pengereman juga makin besar. Misal cakram 200mm gaya yang terjadi dianggap 1KN maka M=1 x (0.2/2)= 0.1 Kn.M. cakram dengan ukuran 320mm maka M=1 x (0.32/2)= 0.16 Kn.M jadi dengan diameter yang lebih besar momennya juga lebih besar (dengan gaya yang sama). (mohon maaf kalau ada yang salah saya juga masih belajar:mrgreen: )

rem cakram2

18 thoughts on “Melihat cakram lebar dari fisika

  1. secara fisika memang benar mas. Tapi mungkin ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Terkadang bahan piringan cakram lebar aftermarket sedikit banyak berbeda dengan yang orsi. Kalau bahan piringan kurang sesuai dengan bahan kampas master rem, kadang jarak pengereman malah lebih jauh… Menurut pengalaman saya sih seperti itu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s