Nah kebetulan kemarin Ujian akhir semester saya berjibaku dengan yang namanya Momen, Gaya dan jarak. Kalau pada struktur balok makin besar momen berarti tulangan yang diperlukan juga makin besar, gimana kalau pada cakram? Makin besar momen berarti bakal makin pakem.
Konsep momen adalah gaya dikali dengan jarak. Jika diameter cakram lebar maka momen yang dihasilkan dari pengereman juga makin besar. Misal cakram 200mm gaya yang terjadi dianggap 1KN maka M=1 x (0.2/2)= 0.1 Kn.M. cakram dengan ukuran 320mm maka M=1 x (0.32/2)= 0.16 Kn.M jadi dengan diameter yang lebih besar momennya juga lebih besar (dengan gaya yang sama). (mohon maaf kalau ada yang salah saya juga masih belajar )
like thi, setuju pokokenlah karo rika
apik apik apik
Melihat cakram lebar dari pandangan mata, cakep….cakep…..
secara fisika memang benar mas. Tapi mungkin ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Terkadang bahan piringan cakram lebar aftermarket sedikit banyak berbeda dengan yang orsi. Kalau bahan piringan kurang sesuai dengan bahan kampas master rem, kadang jarak pengereman malah lebih jauh… Menurut pengalaman saya sih seperti itu š
Betul juga, cakram aftermarket kadang kurang alot.
menone msh pki standart pabrik heheheheheheheheh…………………..
nyimak karo kukur-kukur
Setuju aja deh…
nah kalo dilihat dari ekonomi sih pikir2 bro,
melihat kondisi perekonomian kantong.. hehe
mbuh ngk mudeng ilmu fisika..xixixiix
betul itu ..
halah ra paham aku rumus kui, kukikikiki
sek regane piro kui brembone
@pakde bons: ndak tau pak, gambar cma ambil dr kaskus
kalau luas permukaan gmn bro? kan semakin banyak bidang gesek makin pakem tuh..
yg jelas lebih pakem, dan kok kliatannya kampas jadi lebih awet ya? CMIIW
Wiih pelajaran fisika 1 semester yg lalu,xixii
http://aiiefz.wordpress.com/2011/02/08/sebulan-bersama-casey/
keto e yo ngunu Mz Bro…
Idem
PISS..