fenomena “orbs” bener atau gak?

mas bro sekalian percaya hantu gak? kalau percaya bagaimana dengan fenomena “orbs’?. fenomena munculnya lingkaran putih pada sebuah frame foto yang di indikasikan sebagai hadirnya sosok dari dunia lain ( baca; sosok gaib), bulatan bulatan pada frame foto tersebut terkadang muncul dalam jumlah banyak dan meninggalkan jejak.

Pada teknologi fotografi digital khususnya untuk penggunaan kamera ultra compact, orbs disebut juga sebagai orbs backscatter. orbs backscatter biasanya terjadi karena konstruksi lensa dan built-in flash yang berdekatan pada kamera multi-compact tersebut sehingga mengecilkan sudut pencahayaan ke lensa dan otomatis menaikkan refleksi pencahayaan pada partikel-partikel yang hampir tak terlihat dengan mata telanjang di depan lensa. Oleh karenanya, orbs backscatter bisa dihasilkan dari partikel-partikel seperti debu, bubuk dan partikel cair yang jatuh seperti misalnya derai air hujan. terkadang kalau kita melihatnya kita berfikir kalau lensa kamera kita kotor sehingga menghasilkan efek bola putih tersebut.


Orbs adalah sebutan yang populer untuk bulatan anomali yang muncul pada foto.Dalam bahasa spanyol biasa disebut dengan canoplas.Dalam kamera dan video orbs muncul seperti bola, permata atau bulatan cahaya dengan ukuran gambar seperti bola golf sampai dengan bola basket. Orbs dipercaya sebagai penampakan hantu oleh paranormal atau orang yang memiliki kemampuan melihat alam gaib. Beberapa orang mampu melihat orbs dengan mata telanjang, ini karena bakat atau dengan latihan.

Karena orbs bergerak dengan cepat, maka tidak semua kamera dapat menangkapnya.Butuh kamera dengan resolusi tinggi. Kamera digital dengan resolusi 1.3 mega pixel sekarang sudah bisa menangkap orbs tersebut. Untuk menangkap orbs yang bagus, sangatlah mudah. Anda tinggal masuk ke rumah atau tempat yang dianggap angker oleh masyarakat, sendirian, gunakan kamera digital anda dan foto sembarang ke banyak tempat.

foto-foto diatas diambil dari acara kampus saya kemarin, tanpa editing, no sotoshop. semua foto yang ber”orbs” terihat ngeblur sangat berbeda dengan foto lain yang gambarnya tajam

18 thoughts on “fenomena “orbs” bener atau gak?

  1. Haha, itu pasti ada penyebabnya, entah butiran air, efek bentuk lensa, atau debu kotoran. Pastinya ga mungkin berhubungan dengan yang gaib2.😆

  2. betul masbro. orbs ini biasanya muncul karena debu. saat di proyek sering sekali kefoto. terutama pas masih bener2 mentah alias bangunan beton doang, belum ada kerjaan lantai dan plafon.

  3. hmm…sebenarnya ini kayak ilmu sains..ngk ada hub nya ama ilmu gaib…katanya setan itu terbentuk dari molekul2..bla..bla..mumet aku nerangkene…dan molekul2 itu katanya dari gelombang elektromagnetik..ah CMIIW dah…:mrgreen:

  4. Kalau menurut ane itu bukan hal gaib. Tapi karena dari lampu blitz kamera kompak yang dekat lensa, trus kadang meninggalkan percikan cahaya tak beraturan (mungkin dari pantulan debu) itu dari pengalaman ane…

  5. tu kan cuma debu n butiran embun . . . .
    coba deh blitz/speedlight nya di bounce/dipantul, ga bakalan muncul kok . . .

  6. bukannya aku sombong
    tapi itu memang kenyataan ,aku tahu dari pamanku yang punya kemampuan melihat alam gaib

    tapi aku mau tanya, kamera yg bisa digunakan untuk memotret orbs itu kamera apa aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s