Sejarah Akraprovic

logo

Akrapovič didirikan pada tahun 1990  oleh pembalap Slovenia Igor Akrapovič dengan logo “scorpion”, modal awalnya adalah keyakinan kalau desain knalpot pada masa itu kurang efisien karena terlalu tebal. Dia merancang knalpot sendiri berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama karirnya. Material baja yang banyak di pakai diganti dengan bahan seperti serat karbon dan titanium.
Pada tahun 1993, Kawasaki Jerman menguji sistem pembuangan karyanya dan pada tahun 1994, knalpot Akrapovič pertama kali digunakan dalam kompetisi internasional, yaitu dalam gelaran ESBK dan WSBK. Perusahaan ini segera dilirik banyak tim Superbike, tidak hanya Kawasaki tapi juga Yamaha,Suzuki,Ducati dan Honda.

Pada tahun 2007, perusahaan ini berganti logo dari Scorpion menjadi ekornya saja sementara tulisan Akrapovič tetap. Akira Yanagawa menjadi pembalap pertama yang menjuarai balapan menggunakan knalpot Akrapovič dengan motor Kawasakinya. Setelah penjualannya meningkat terutama di Jerman (mencapai 70% per tahun), kapasitas produksipun ditingkatkan dengan memperluas pabrik yang terletak di Ivančna Gorica. Pada tahun 2010 Pabrik diperbesar lagi mencapai empat kali lipat dengan ukuran awalnya.

logo2
Colin Edwards menjadi pembalap pertama yang menjadi juara dunia WSBK dengan knalpot ini, waktu itu Edwards berada dibawah panji Honda Castrol SP-01. Ditahun yang sama Joerg Teuchert juga menjadi juara dunia supersport dengan pipa buang ini. Setelah kesuksesan ini Akrapovič melebarkan sayap ke AMA Superbike dan All Japan Superbike Championship kemudian pada tahun 2002 masuk ke kelas MotoGP.

Tahun 2004 pabrikan ini memoderenisasi perancangan knalpotnya.  Pada bulan April 2007 Perusahaan ini dianugerahi gelar the best Exhaust dari majalah Motorrad Jerman, dengan mendapat 42% suara.

butista

bautista pakai knalpot ini

yamaha

yamaha tahun ini kompak pakai ini knalpot

15 thoughts on “Sejarah Akraprovic

  1. hmmm… menarik..

    setelah bandingin2 suara meskipun bermodalkan youtube doang, tapi keliatannya soal kualitas suara akrapovic paling adem dan paling sangar, gak bikin telinga pekak, sayang seribu sayang harganya selangit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s