Sejarah KTM Austria

logo KTM

KTM itu merk cina? pertanyaan begitu sering saya dengar kalo ada event trail dan adventure. rupanya masih banyak orang awam (yang gak tau otomotif dan jarang buka internet) yang nggak tau kalau ada dua merk KTM di Indonesia, KTM cina dan KTM austria. KTM cina lebih merakyat karena semasa hidupnya jualan motor murah sementara KTM Austri lebih eksklusif karena motornya emang lumayan mahal. senasib dengan pemilik trail-trail KTM para calon pembeli KTM duke 125 ataupun 200 mesti membangun image dam memberi pencerahan bagi yang belum ngerti kalau motor mereka beda dengan motor cina merk KTM.

duke 125
duke 125

mungkin sudah banyak yang tau sejarah KTM dari Austri tapi nggak ada salahnya saya coba tulis lagi.

Sejarah pabrikan ini berasal dari bengkel kerja milik Hans Trunkenpolz (tahun 1934), bengkel ini berkembang menjadi bengkel motor dan mobil yang terkenal di masa itu. KTM mulai membuat motor dirt-bike pada tahun 1951 dengan memakai mesin SACH, motor ini diberi nama R-100 (mengusung mesin 100cc 2-tak). KTM sendiri berasal dari 3 kata yaitu Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofe.

Nama KTM resmi dipakai sebagai brand motor pada tahun 1953, dulu pabrik ini mempekerjakan 20 orang karyawan dengan kapasitas produksi 3 unit perhari (pembuatan motor berdasar pesanan). Tahun 1954 produksi motor menginjak angka 100 unit. Perusahaan ini menjadi besar ketika seorang pengusaha lain menamkan investari, beliau adalah Ernst Kronreif nama perusahaan diganti menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofe. Tahun 1962 KTM berduka karena sang pendiri Hans trunkenpolz meninggal akibat serangan jantung (ada juga yang bilang beliau meninggal tahun 1982).

gambar KTM comet, pakai mesin SACH (bukan minerva)

Sejarah baru dimulai tahun 1976 KTM mulai memproduksi mesin sendiri, mesin pertama berkapasitas 125 cc dan pada tahun 1981 mesin KTM berpendingin air diperkenalkan ke publik. Setahun kemudian KTM mengembangkan mesin 4 lejang pertamanya. Nah tahun 1994 seri KTM duke lahir dengan varian pertamanya KTM duke 620. Hingga kini KTM mempunyai reputasi apik di berbagai ajang balap yang diikuti. Demikian sejarah singkat KTM yang saya ketahui. Mohon koreksi kalau ada kesalahan:mrgreen:

duke generasi pertama

duke edisi 2008
duke edisi 2008
ktm
bukti ketangguhan KTM
KTM_950
KTM 950

nah kalo KTM cina saya gak tau sejarahnya yang pasti distributirnya adalah PT Asia Putra Perkasa dengan motor pertama KTM Power K 100 cc dan iconnya yaitu ratu ngebor Inul Daratista. “Kate siape? KTM dong ah…..” itu taglinenya.

power K
power K

16 thoughts on “Sejarah KTM Austria

  1. mungkin ktm beli lisensi mesin aslinya ktm jadi skalian pake nama ktm nya sama ktm biar terjamin kualitas ktm nya dari ktm

  2. KTM cina / APP KTM (KTM icon inul ) berasal dari singkatan Asia Putra Perkasa (APP)-Kingtown Tian Ma (KTM). Asia Putra Perkasa sendiri adalah sebuah nama PT yang katanya memproduksi APP KTM ini.
    Dengan kata lain antara APP KTM dan KTM berbeda kasta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s