pengalaman nge-linux

kali ini ngepost pengalaman tentang linux aja, linux sistem operasi gratisan ini gak sengaja saya install karena window 7 (bajakan) saya “jebol” gara-gara antivirus. awal kisahnya setelah nge-update avira free editon tiba-tiba ada notifikasi terdeteksi 157 file virus, ya sudah tak scan biasanya langsung beres tapi ini kok lama nggak ngrespon akhirnya matikan komputer langsung. pas mau dinyalain lagi muncul notif “sistem tidak bisa melakukan booting” dicoba matikan-hidupkan lagi tetep sama😦 . untung tivi lipat saya pakai 2 OS jadi pas window jebol bisa pakai linux.

menggunakan linux ternyata tidak semudah pikiran saya, untuk install sofware mesti masuk ke terminal dan memasukkan peritah sakti “sudo” dan teman-temannya bandingkan dengan window yang cuma double klik di file .exe . setelah nanya via facebook ke sedulur koboys dapat link dari om elsa barto, selain itu juga buka blog tetangga saya om ahsanfile dari situ saya belajar linux dan sampai sekarang tetep nggak mudeng:mrgreen: . paling bisa cuma install wine.

terminal

berikut ini beberapa keunggulan linux menurut saya: gratis free-legal (buat yang nggak pengin di bilang pembajak tapi modal cekak), tahan virus (lha wong mau nginstall apapun mesti masukin password), tidak perlu spek PC yang tinggi, bebas colak-colok USB flashdisk, tampilan unik dan terkesan berbeda, software pelengkap gratis dan ada Ubuntu software centernya, masih banyak keunggulan lain yang belum saya eksplorasi. Kelemahan tidak bisa diinstalli software engineer seperti auto CAD, SAP, CSI ETABS, HEC-RAS, HMS dll. ubuntu yang saya pakai versi 11.10, berhubung window 7nya sudah dapat sekarang pakai dua OS lagi🙂 . semoga OS open source ini makin berkembang dan perangkat engineering bisa jalan diatasnya (utamanaya software analisis matrix)

tampilan linux 11.10

13 thoughts on “pengalaman nge-linux

  1. saya pake dua-duanya. make linux dah 6 tahun. linux OS emang gag akan kena virusnya windows, tapi macet karena kegagalan sistem dirnya sendiri, kalau pas lagi apes😀

  2. saya pake opensuse 11.2 instal program sudah nggak pake perintah ketik, sudah mode grafis, tinggal masukin database repositorynya. tapi masih tetep pake windows (dikantor) buat kerja pake aotocad dan 3dmax

  3. ubuntu kalo belum diapa2in standarnya masi cupu kang.
    kalo buat pemula kyk saya make linux mint aja.wis cukup komplit dan tampilan oke

  4. linux tinggal tunggu programer yg bikin virus,kali juga kena virus. os bb,android,kalo kena bug nya kali juga kena virus. ga tau jg ding… newbie nih

Tinggalkan Balasan

