ganti kampas rem depan Jupiter MX sendiri

Iseng-iseng lagi gak ada gawean (sebenere akeh tapi males:mrgreen: ) kemarin bongkar rem depan si MX. Niat awal Cuma bersih-bersih eh ternyata kampas rem udah tipis, padahal orang-orang sering bilang kampas rem cakram itu awet ganti tiap 5 tahun L. Nah dari pada dibiarkan dengan resiko piringan cakram rusak karena bergesekan dengan dudukan kampas mending langsung ganti aja.

meluncur ke bengkel langganan di PurWokerTo, kondang motor. Nanya harga, ternyata 1 set kampas rem depan Jupiter MX ori harganya Rp. 66.000,00 (sebelumnya di dealer katanya Rp. 70.000,00 L ). Langsung bayar dan pulang, nah ini saya share cara gampang ganti kampas rem depan Jupiter MX versi saya.

Kampas rem depan jupiter MX

  1. Siapkan toolkit: kunci sok dan pass ukuran 14, tang, obeng dan kursi kecil.
  2. Bongkar roda depan dengan kunci sok
  3. Nah kalo sudah lepas kampa rem lama, caranya lepas pin pengunci pegangan bawah dan pegangan bawah kampas

    lepas pegangan bawah kampas
  4. Setelah pegangan bawah lepas, copot kampas
  5. Pasang kampas baru dan jangan lupa pasang lagi pegangan dan pin-nya.
    pasang kampas rem baru
    pasang lagi pegangan bawah kampasnya

    jangan lupa pasang pinnya lagi
  6. Beres tinggal pasang lagi roda depan dan penggantian selesai. Jangan lupa cek fungsi pengereman dan speedometer.

    pasang lagi roda depan

Nah itu cara saya ganti kampas, kalo ada cara yang lebih praktis, efisien dan ekonomis monggoh si share, suwun J

16 thoughts on “ganti kampas rem depan Jupiter MX sendiri

    1. itu karena gak punya kunci L bintang, jadi ya lepas roda. malah bagus karena ada alternatif bagi yg gapunya kunci L bintang

  1. ada yang kurang brow, tutup minyak rem yang ada di atas jangan lupa di buka, biar piston kaliper gampang masuk kedalam. . . .
    Jadi gak mentok . . . .

  2. sebenarnya untuk mengganti kampas rem, bisa dilakukan dengan hanya membuka 1 baut pengunci, tanpa meleas ban dll.

    saya sudah biasa melakukan di matik saya.
    untuk mendorong piston bisa menggunakan tools pipih yg tidak tajam atau gunakan kampasitu sendiri.

  3. Wah.. Sip tapi kurang praktis mas brow.. niy lebih praktis!
    Pertama : kendorin baut pegangan kampas bawah pake kunci “L” hexsagon, cabut bautnya.
    Kedua : Lepasin baut bracket kaliper rem pake kunci sok, jadi rumah kaliper bisa diangkat semua, kampas lama langsung lepas sendiri (jatuh).
    Keuntungannya pake cara ini: rumah kaliper bisa lepas dari ban jadi bisa dibolak balik untuk membersihkan sampai bagian dalam piston remnya.😀

  4. mas bro, pengen nanya nih kali aja punya pengalaman. kampas rem cakram depan ane yang bagian luar kok suka lepas sendiri dari cantolannya (kampas yang langsung bersentuhan dengan piston) , itu memang ga ada pengait tambahan ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s