filter udara kertas dan busa

filter kertas

filter atau saringan punya peran penting untuk menyaring kotoran agar tidak terhurip karburator. sekarang ini ada dua macam filter udara, yang dari kertas dan dari busa.

filter kertas terbuat dari kertas khusus yang memiliki pori-pori, pori pada filter kertas ukurannya lebih kecil dari pada filter busa sehingga lebih baik dalam menyaring udara. cara membersihkannya juga gampang, cukup ketok dikit dan semprot deh sama compressor. kalo lagi bebersih filter tipe ini tangan jangan sampe basah karena filter ini peka banget sama zat cair (sifat alami kertas, kalo basah gampang sobek).

filter busa, biasa dibilang filter spons. pori pada filter ini cukup besar jadi mesti di oles oli dikit (pake oli baru ya jangan oli bekas) tujuannya agar kotoran menempel. cara memebersihkannya mesti dicuci pake bensin, celup-celup ke bensin terus peras, proses diulangi sampe bersih setelah itu biar cepet kering bisa disemprot compressor. untuk filter tipe ini karena membersihkannya dengan cara diperas akan memperbesar lubang pori sehingga kemampuannya akan cepat menurun kalo keseringan dibersihkan.

filter busa, gampang rusak kalo keseringan dibersihkan

dari yang saya liat di buku manual Jupiter MX bebersih filter cukup dilakukan tiap 3000 km dan anti tiap 10000 km. JANGAN COPOT FILTER UDARA MOTOR karena banyak resiko mulai dari karbu kotor sampe piston baret.

12 thoughts on “filter udara kertas dan busa

  1. Semangat.. Semangat untuk indonesia dan para blogger semuanya.. Ayo kita menulis dan berbagi..πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s