galian kabel jangan rusak jalan dong…

“awas ada galian kabel serat optik….” sering kita temui di jalan, galian ini sebenarnya juga untuk fasilitas umum (telekomunikasi) namun sering kali menimbulkan dampak negatif. Dampak yang saya maksud adalah kerusakan jalan akibat galian dan kerusakan permukaan jalan akibat genangan air yang disebabkan galian itu juga. ini link salah satu britanya

ini akibatnya…

Kalo melihat hal semacam ini kok para operator ini tidak membuat semacam pipa utilitas dan lubang inspeksi khusus (permanen kemudian diberi penutup) untuk kabel-kabel tersebut jadi kalo ada penggantian berkala tidak perlu gali mengali tanah di pinggir jalan apalagi sampai membongkar lapisan perkerasan jalan. Konsep semacam ini sudah diterapkan di bandara, ketika membangun runway (landasan pacu) pipa utilitas untuk kabel,air, dll sudah ditanam dari awal sehingga kalo terjadi kerusakan pada jaringan kabel tidak perlu lagi membongkar runway. Pipa utilitas tadi bisa dibuat secara bersama-sama dan digunakan bersama oleh para operator telekomunikasi.
Kalo tanah di pinggir jalan digali, otomatis akan ikut merubah struktur tanah disekitarnya termasuk dibawah badan jalan, pada kasus aspal yang dibongkar untuk galian semacam ini seringkali ditutup secara sembarangan.

2 thoughts on “galian kabel jangan rusak jalan dong…

  1. setuju bro… emang paling ngselin tuh kalo udah ada galian di pinggir jalan, beres pasang kabel dengan enaknya mereka tinggalin begitu aja. dasar wong gemblung…!!

  2. yah memang busuk bos…padahal namnya proyek pasti ada pengawanya…tapi matanya picek oleh duit…yang punya jalan pun cuek…kalo rusak kan dpt poyek lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s