Short Review Museum Satria Mandala Jakarta

IMG_4277

Jakarta ibu kota Negara yang punya banyak museum keren. Salah satunya museum satria mandala yang berada di jalan gathot subroto, Jakarta selatan. Lokasinya dekat halte trans Jakarta Lipi maupun menara jamsostek. Enaknya si turun di halte Lipi.
Di halaman luar kita disambur helicopter, jet MIG era trikora, Misil ex-soviet era trikora juga, tank stuarth tinggalan belanda dan satu mobil lapis baja polri. Tiket masuk museum murah lho sekitar 5000 kalo nggak salah (maklum udah 4 bulan yang lalu).

helicopter nih :-)
helicopter nih🙂
ini pesawat yang bikin ratu belanda ketar-ketir
ini pesawat yang bikin ratu belanda ketar-ketir
tank ringan warisan belanda
tank ringan warisan belanda

 

nampang om :mrgreen:
nampang om:mrgreen:

Dimuseum tersusun rapi gambar-gambar tentara Indonesia dari masa ke masa. Banyak juga diorama peristiwa patriotic era perang kemerdekaan. Ruang foto dan diorama ada di lantai 1. Di basement terdapat koleksi senjata-senjata milik TNI dan senjata peninggalan belanda, jepang serta sekutu.
Ruang belakang terdapat beberapa koleksi senjata anti pesawat, pesawat cureng (yang legendaris :mrgreen:) pesawat Dakota (kalo nggak salah) dan helicopter buatan soviet. Dari sekian banyak koleksi museum yang cupuk membuat shock adalah senjata semi otomatis UZI dari Israel ternyata masuk dalam senjata operasional TNI (bukannya kita tidak punya hubungan dagang resmi dengan Israel).

ini contoh diorama
ini contoh diorama
ini nih pesawat legendaris cureng
ini nih pesawat legendaris cureng
nampang lagi :-)
nampang lagi🙂

 

 
Dari museum ini kita bisa banyak belajar perkembangan angkatan bersenjata dari masa ke masa, kalo menurut saya yang paling menarik ya era 60an saat angkatan bersenjata kita masuk daftar top dunia (angkatan bersenjata paling kuat di belahan bumi selatan). Jadi tidak ada ruginya mengisi libur ke museum🙂.