Sejarah Kayaba, Glider Sampai Shockbreaker

Kayaba atau KYB, merk shockbreaker yang sudah terkenal di Indonesia. Identik dengan kardus warna kuning dengan tulisan KYB hitam, pertama kali saya kenal waktu ganti shockbreaker motuba Suzuki Carry Futura dan Mitsubishi L300 punya bapak. Nah yang pakai shock ini tau nggak sejarahnya?:mrgreen:

kyb-ultra
Kuning-Hitam, Kayaba

Kayaba Industry Co., Ltd atau bahasa sakuranya (カヤバ工業株式会社 Kayaba Kogyo Kabushiki-gaisha) didirikan tahun 1919 oleh Shiro Kayaba. Produk utama perusahaan ini adalah shock absorbers, air suspensions, power steering, pompa hidrolik, mesin industri dan klep pneumatik. Kayaba memiliki 34 pabrik dan 62 kantor pemasaran yang tersebar di 21 negara. Menurut The Economic Times (majalah bisnis India) kayaba merupakan salah satu produsen shockbreaker terbesar di dunia dan menguasai 85% pasar truk mixer beton di jepang.

Awalnya kayaba salah satu produsen glider (kapal layang) dan  Otogiro (pesawat layang dengan mesin) untuk Tentara Kekaisaran Jepang. Kayaba berkiprah untuk tentara antara tahun 1939 sampai dengan 1944, selama masa itu tercipta 11 model glider dan otogiro. Dari 11 model yang berhasil masuk produksi masal hanya 1 yaitu kayaba-ka 1 yang merupakan pengembangan dari Kellett KD-1A .  Model lainnya gimana? hampir semuanya berhenti di tahap penelitian:mrgreen: .

300px-kayaba_ka-1
Kayaba-ka 1
1-48-kayaba-ka-go-o-go-ka2-ija-observation-autogyro-aircraft
Ilustrasi Kayaba-ka 1 terbang

Ini video terbangnya

Setelah perang kayaba fokus pada produksi peralatan hidrolik, salah satunya shockbreaker yang kemudian menjadi produk andalannya. Selain produk hidrolik kayaba juga berbisnis mesin mixer beton, dimana pada tahun 2013 mereka mengakuisisi 50% saham conmat (perusahaan beton india).

psvs
Dinamo Mixer Beton

Nah begitulah cerita masa lalu kayaba, dari peswat menjadi shockbreaker dan truk mixer beton.

2 thoughts on “Sejarah Kayaba, Glider Sampai Shockbreaker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s