Kamra (Kemanan Rakyat), Nasibmu Kini

Pasca reformasi, keadaan di Indonesia masih belum stabil. Masih banyak kekerasan diberbagai sudut tanah air, padahal tahun 1999 akan diadakan pemilihan umum. Personil polisi yang tersedia dirasa kurang memadahi sehingga dibentuk satuan pengamanan tambahan yang bernama Kamra atau Keamanan Rakyat.

6c2b377200132bdwi2bhandoko2bkamra2bpolsek2bkrembangan2bsurabaya2btahun2b19992b-2bcak2bhandoko2bludruk2bfacebook2byoutube2btwitter2bblogspot2bgoogle2b2binstagram2bpath2btumblr2bt
Kamra di TPS

Source : Dwi Handoko Blog

Kamra statusnya dibawah kepolisian, bertugas bersama polisi di setiap sektor. Sehari-hari melaksanakan tugas bersama para anggota polisi. Kamra dibentuk 18 Februari 1999, berdasar kepada Undang-undang No. 20/1982 mengenai Pokok-Pokok Keamanan dan Pertahanan Negara, yang mengakui hak setiap warga negara untuk membela negara. Kamra ini orang-orang terlatih lho, bukan sembarangan rekrut. Mereka mendapat pendidikan dasar-dasar bela negara dan bela diri di Sekolah Polisi Negara (SPN) selama tiga minggu.

Ketika bertugas kamra hanya dibekali pentungan kayu dan belati, karena tugas pokoknya hanya membantu polisi mengamankan kondisi dan mejaga ketertiban umum bukan menindak kejahatan. Seragamnya warna abu-abu, dengan tulisan kamra disisi kiri dan nama personel di sisi kanan. Tidak lupa logo polda wilayah tugas.

s_27d20124
Personel kamra membawa kotak suara
s_27d47918
Punya hak pilih gan
s_26d20612
Latihan Baris-berbaris
s_30d26002
Ngatur lalulintas

Source : Tempo

Nasib yang kurang enak diterima personil Kamra pasca pemilu 1999, satu tahun setelahnya satuan ini dibubarkan menteri pertahanan karena Dephan saat itu tidak memiliki cukup anggaran. Sebagian personil memilih mencoba masuk ke TNI atau Polri, sebagian lainnya kembali ke pekerjaan semula (sebelum masuk Kamra).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s