TT-0437, Dari Israel Hingga Majalengka

Panas terik menyengat ketika riding di sekitar jalan Jl. KH Abdul Halim. Mengitari patung ikan di bundara munjul, pandangan saya teralihkan oleh sosok pesawat tempur taktis A4 Sky Hawk ditaman Dirgantara Majalengka.

120190828

Pesawat yang baru-baru ini dipensiunkan oleh TNI-AU kini menjalani tugas pensiunnya sebagai duta penerbangan untuk masyarakat Majalengka. Mengenalkan bagaimana rupa dan ukuran sang elang kepada khalayak umum, memacu semangat anak-anak yang bercita-cita jadi pilot.

71_big
Proses Rakit Elang Langit
31258981_tz83t7icp8whnjevnhnmbnwisdwqmqekbvsrxiwuwgi
Skyhawk melaksanakan tugas terakhir

A4 Sky Hawk di taman ini bernomor ekor TT-0437, jika diruntut sejarahnya pesawat ini didatangkan 1982 dari Israel dengan sandi operasi “Operasi Alpha”. Nomor ekor ketika masih berdinas di IDF adalah 151072. Mulai berdinas di skuadron 12 tahun 1985 dengan home base Lanud Roesmin Nurjadin. Tahun 2004 pesawat ini dipindah tugas ke Lanud Hassanudi di makasar sebelum akhirnya Tahun 2012 pesawat mendapat tugas akhir di Taman Dirgantara Majalengka.

idf-retirement_rami_0
Semasa di IDF

Oh iya untuk komponen penting seperti mesin dan radar sudah dipreteli untuk disumbangkan ke sekolah penerbangan.  A4 Sky Hawk ini sudah pernah terlibat dalam perang Yom Kipur, kemampuan tempurnya mampu menembus sistem radar suriah.

6 thoughts on “TT-0437, Dari Israel Hingga Majalengka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s