DOHC, SOHC Selamat Jalan

actuator_web-300x300

Ketika dijagat otomotif Indonesia sedang ribut garang mana DOHC dan SOHC, di negeri sebrang sedang dikembangkan mesin free camshaft.

Adalah BMW dari jerman dan Koenigsegg dari swedia yang sedang mengembangkan mesin tipe ini. Keduanya punya konsep sama namun teknologi berbeda dalam menghilangkan camshaft dari mesin.

BMW berusaha membuat Camless engine dengan bantuan solenoid atau magnet untuk menggerakan valve. Koenigsegg menggunakan bantuan mekanisme hidrolik untuk menggerakan valve.

Mesin camless diklaim mampu meningkatkan torsi dan power sampai 30%, menghemat bahan bakar 30% dan yang terpenting mengurangi bobot mesin sampai dengan 50%. Dalam dunia mobil sport ketersediaan ruang untuk piranti pendukung mesin sangat penting jadi wajar kalau pabrikan mobil sport berusaha mereduksi ukuran mesin tanpa mengurangi performa. Pengembangan mesin camless masih menemui kendala di tingkat kebisingan mesin.

Konsep camless Koenigsegg

Konsep Solenoid engine BMW

Ini Camless engine untuk size kecil

Source : Dapur Pacu

3 thoughts on “DOHC, SOHC Selamat Jalan

  1. sepertinya malah lebih gede silinder headnya ya..tapi jika mekanismeny bisa dikecilkan bisa lebih kompak..mungkin yg lebih rumit nantinya ECu nya..tapi .. kedepannya set up akan lebih mudah .. mau lift berapa mau overlapping berapa tinggal klik di laptop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s