Sukhoi T-4 Part 1, Persaingan Guru dan Murid

t-4

Tahun 1963 Uni Soviet meluncurkan program pesawat intai supersonic dengan kemampuan serang maritime dan bisa berfungsi sebagai bomber. Ini merupakan jawaban atas peningkatan aktivitas kapal induk amerika di samudra pasifik.

Program ini diikuti biro desain Sukhoi, Yakovlev dan Tupolev. Perhatian tertuju pada biro desain sukhoi dan tupolev, karena ini menjadi rivalitas antara dua orang desainer hebat dan sekaligus persaingan guru dan murid.

pavel-and-andrey

Pavel Sukhoi adalah murid dari Andrey Tupolev. Sukhoi belajar banyak tentang desain pesawat dari Andrey Tupolev saat masih bekerja di Voronezh Aircraft Production Association. Kolaborasi guru dan murid ini menghasilkan pesawat Tupolev ANT-25, pesawat penjelajah jarak jauh pertama Soviet. Tahun 1933 sukhoi memutuskan mendirikan biro desain sendiri, bekerja diranah pesawat tempur multi peran (fighter).

andrey-pavel
Mapan diranah Fighter sukhoi coba masuk ke ranah pesawat bomber. Sadar diranah ini ada sang guru yang belum tergoyahkan sukhoi bekerja extra keras memenuhi semua kriteria yang diberikan militer. Dalam persaingan ini, tupolev pernah menelpon sukhoi dan berkata “Pavel pesawat sebesar ini bukan kapasitas desainmu, kamu creator fighter yang handal tapi pesawat ini bukan keahlianmu”. Sukhoi menjawab “Andrey Nikolayevich kau adalah guruku, sebagai muridmu aku akan bekerja keras untuk pesawat ini”.

Pada akhirnya tupolev yang kekeh pada ciri khas bomber perang dunia II akhirnya kalah dengan rancangan revolusioner sukhoi. Sukhoi T-4 atau Project 100 sotka menjadi lompatan besar dalam dunia desain Uni Soviet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s