Sukhoi T-4 Part 2, Melompat dan Terjatuh

t-43

Pavel sukhoi membuat panelis militer kagum dengan desainnya, T-4 atau sotka mampu memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Selain itu proto type bomber ini juga menjadi lompatan besar dalam dunia penerbangan soviet.

Sotka membawa dunia metalurgi soviet naik satu tingkat, untuk pertama kalinya soviet membangun pesawat dengan titanium sebagai material utama. Membawa teknik pengelasan titanium mereka lebih maju. “kami menyelesaikan teknik pengelasan titanium untuk pertama kalinya dalam pembuatan sebuah pesawat utuh” kaya Alexei Knysev program director SU-27.

t-42

Sukhoi menjadi yang pertama kali menanamkan sistem kontrol fly by wire  pada pesawat soviet. Sistem ini menjadi komponen kunci dalam penerbangan moderen. Sistem kabel yang menghantarkan perintah dari kokpit, dibuat dengan berlapis sehingga reliability sistemnya bisa diandalkan. Saat satu kabel bermasalah, dua kabel lain akan memback up sehingga sistem akan tetap berjalan.

Kejutan terjadi setelah sotka sukses menjalani uji terbang. Secara misterius program ini dihentikan, hal ini menjadi pukulan berat bagi team sukhoi. Yuri Shenfinkel (deputy chif design sukhoi design bereau) berkata “Tentu ini membuat frustasi, bukan hanya frustasi tapi juga pukulan telak”

pavel1

Alasan penghentian proyek ini tetap menjadi paradok, sukhoi adalah salah satu tokoh kunci dunia penerbangan soviet. Pavel sukhoi bukan merupakan anggota partai komunis uni soviet, pernah mendapat pernghargaan Stalin Prize untuk desain pesawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s