Gareng

Gareng kalo dalam bahasa banyumas artinya anak yang sering nangis/ bisa juga dibilang gampang nangis. Dalam jagat wayang gareng adalah punakawan yang pernah jadi raja. Kalau udara lagi cerah dan matahari muncul di sekitar rumah saya sering ada serangga yang bunyinya “filiu….filiu….filiu….”

nala gareng, konon wayang ini dulu nangis berhari-hari

nala gareng, konon wayang ini dulu nangis berhari-hari

itu juga namanya gareng.

Jaman SD saking penasarannya sama serangga ini saya sering nyari-nyari, karena dulu belum punya HP kamera :mrgreen: kalo nyari bawa pensil dan kertas buat nggambar si gareng. Naik turun pohon, lari sana sini nggak jelas akhirnya dapet sketsa si gareng.

sketsa "gareng" waktu SD

sketsa “gareng” waktu SD mirip lalat :mrgreen:

Sebenarnya apa si nama serangga ini, mari Tanya mbah google. ini link yang mbahas detail KLIK

ternyata dijogja disebut kinjeng tangis, serangga ini merupakan indikator kestabilan alam (berarti desa saya alamnya masih bagus) :-) . “Taksonomi: familia: Tettigarctidae (di bahas di tempat lain) dan Cicadidae. Ada dua spesies Tettigarctidae yang telah punah, satu di Australia selatan, dan yang lainnya di Tasmania. Familia Cicadidae dibagi lebih jauh ke dalam subfamilia Tettigadinae, Cicadinae dan Cicadettinae. Mereka terdapat di semua benua kecuali Antarktika.”

Ini foto gareng yang tadi pagi mampir ke teras rumah, nggak sengaja nemu yang masih hidup.

tampak samping

tampak samping

kedok "muka" memukau kayak pulsar :mrgreen:

kedok “muka” memukau kayak pulsar :mrgreen:

tampak atas

tampak atas

 

About these ads

6 Komentar

  1. gareng = jam 9
    welio = jam 2
    nongeret = jam 5

    • oh… mbene ngerti :-)

  2. kalau ditempat saya namanya gareng pung

  3. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  4. gareng = esuk2
    garung = awan2
    gaber = wengi2 :mrgreen:

  5. Digoreng nggo dipangan enak kwi mas..dulu wkt di kalimantan klw lg musim gareng pung (disana namanya Kriyang) sering makan binatang ini bwt camilan…

    *nggragas

    :D


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.