SMI Motor Nasional Indonesia

Pagi ini lihat berita di detik tentang kasus yayasan pak soeharto. Foto artikelnya pak Soeharto naik motor ayago alias ayam jago dengan plat SMI. Kira-kira apa istimewanya motor SMI ini?

f9e5b602-cbff-4580-9370-e27fd1b6bf6a_43

Sekilas mengingatkan saya dengan Honda nice, dari desain mesin terutama. Tetapi seingat saya honda nice tidak di launching resmi di Indonesia, jadi kenapa Pak Harto pakai Honda nice? . Alihkan perhatian pada plat SMI, apa itu SMI?.

Ternyata SMI adalah merek motor nasional yang tidak berhasil berkibar. Sejarah SMI atau Sepeda Motor Indonesia dimulai tahun 1995 – 1996 dengan modal transfer of technology dari mesin MCB 100 Honda insinyur Indonesia (dibawah naungan PT. Federal Motor) berhasil membuat 1 proto type motor. Dilanjutkan tahun berikutnya dibuat proto type   motor nasional lainnya, salah satu proto type diberi nama expressa oleh Pak Soeharto. Bukan Pak Harto kalau tidak bermain akronim, expressa merupakan kepanjangan expresi anak bangsa. Wujudnya ya yang dipakai di foto itu.

Sayang tahun 1997 krisis moneter menghantam Indonesia sehingga nasib SMI menjadi tidak jelas dan menghilang ditelan AHM :mrgreen:

Sumber foto: http://news.detik.com/berita/3085548/pn-jaksel-belum-gerak-untuk-eksekusi-rp-44-triliun-dari-yayasan-soeharto

Sumber sejarah SMI : http://wongtjilik.blogspot.co.id/2015/02/smi-expressa-sepeda-motor-indonesia.html

2 tanggapan untuk “SMI Motor Nasional Indonesia

Tinggalkan komentar